Fenomena Antre BBM

Tulisan ini aku tulis setelah melihat fenomena antre pembeli BBM bersubsidi yang panjang banget menjelang kenaikan harga BBM.  Beberapa minggu yang lalu, setiap aku mendengar kabar akan adanya kenaikan BBM, aku termasuk orang yang cuek. Mikirnya sih, "Ah yang memutuskan kan pemerintah. Asal masih logis dan masih di zona aman sih, ya manut wae lah. Aku sih di pihak netral. Gak naik ya Alhamdulillah, naik ya udah. Harus ikhlas menerima kenyataan. Hehe :D ". Tapi melihat fenomena 1 hari sebelum kenaikan harga ini, rasanya geram banget pengen ngeluarin uneg-uneg.

Tepat pada tanggal 22 juni 2013 BBM bersubsidi resmi naik harga. Premium dari 4500 menjadi 6500. Selisih 2000 memang angka yang lumayan sih, khususnya bagi orang-orang golongan menengah ke bawah.

Kenapa sih harus antre H-1 sebelum kenaikan harga BBM?
Ada yang jawab,"lumayan lah, bisa ngirit...". OK, kalo yang jawab seperti itu adalah orang-orang kalangan ekonomi menengah ke bawah sih wajar. Tapi buat orang-orang kalangan menengah dan menengah ke atas, ngantre isi BBM demi lebih ngirit, kira-kira 3 liter x 2000rupiah = Rp6000,- dan harus rela-rela kehilangan waktu buat antri selama 1 jam. Padahal kalo di rumah bisa nonton film 1 episode, bisa bercandaan bareng keluarga, bisa makan malem bareng pacar, bisa ngakak-ngakak liat acara TV yang lucu, yang lagi skripsi juga bisa garap skripsinya : lumayan lah 3 halaman lebih(kalo fokus), yang ngamen bisa nyanyi sejam malah dapet duit lebih dari 10ribu ya? Hehe. Nah orang-orang yang ikut antre itu udah kehilangan waktu, kehilangan kebahagiaan, masih dapet boring, iritnya cuma 6000. Yaaa mending si pengamen yang sejam dapet 10000, 6000nya bisa tombokan beli BBM yang udah naik(gantinya ngantri) esok pagi, masih untung 4000, masih bisa seneng-seneng dan gak BT. Inget peribahasa bro, Time is Money!

Ada lagi yang jawab,"Wah sis, motor gue kan ber-cc besar. Tankinya bisa nampung lebih banyak. Iritnya lebih banyak juga dong. Ga rugi lah, gue ngantri...". Nah, ini nih jawaban yang ironis banget.  Fenomenanya memang gak sedikit motor ber cc besar bahkan mobil-mobil pribadi yang masih kinclong semacam jazz, innova, strada, dll. ikut mengantre BBM bersubsidi. Iya sih dari segi ekonomi pribadi memang  lebih untung karena bisa nampung lebih banyak sehingga lebih ngirit banyak. Tapi bro, apa gak malu bro sama cc-nya yang gedhe itu? Itu yang kalian antri BBM bersubsidi loh, harusnya untuk golongan orang-orang yang tidak mampu! Kalo ngerasa belum mampu beli bahan bakarnya : alias masih butuh "subsidi", mending gak usah beli motor/mobilnya dulu deh...

Jadi keinget berita yang demo-demo itu sampai melakukan tindakan anarkis, bikin macet jalanan, bikin orang lain resah, bikin emosi orang gak keruan. Padahal yang demo itu belum tentu masyarakat menengah ke bawah loh. Mereka yang berkoar-koar peduli rakyat kecil, palingan semalem juga ikut antre BBM bersubsidi. Omongnya sih mereka peduli rakyat kecil, bilangnya sih mau memberantas korupsi, tapi BBM bersubsidi jatahnya golongan tidak mampu ya diembat juga. Guys, memberantas korupsi itu kalo bisa dari diri sendiri dulu. Gak baik loh main tuding sana tuding sini, si ini korupsi si itu korupsi. Yang masih ngaku peduli rakyat kecil dan termasuk golongan mampu, ayo jangan embat hak mereka. Beli pertamax! :D hehehe

Guys, palu udah di ketok. Bagaimanapun BBM udah naik. Intinya, ayolah kita sama-sama dukung kebijakan pemerintah. Mereka yang mengambil keputusan kan bukan orang yang sembarangan, pastinya lebih ngerti apa yang dibutuhin. Yang dipikirin pemerintah bukan cuma naiknya harga, dampaknya pun pasti dipikirkan oleh mereka. Jadi, rakyat juga harusnya jangan hanya mikir untuk diri sendiri, pikirin juga negara. Pemerintah mengerti suara rakyat harus sebanding dengan pengertian rakyat terhadap pemerintah. Percumalah, pemerintah bikin program yang bagus banget buat pembangunan negara, tapi kalo masyarakatnya gak peduli. :)

Oya ketambahan 1 lagi info dari temenku. Pemerintah itu mengasumsikan bahwa seseorang yang mempunyai kendaraan bermotor itu dianggap orang yang mampu. Hmm, aku sedikit membenahi, kalo menurutku jika di rumah itu ada lebih dari 2 kendaraan bermotor layak jalan, berarti termasuk golongan orang yang mampu. Jadi, temen-temen yang ngerasa "mampu"... Ayo peduli rakyat kecil, berantas korupsi mulai dari diri sendiri, beli pertamax! Inget, BBM bersubsidi hanya untuk golongan tidak mampu!

Maaf ya, kalau ada berbagai pihak yang tersinggung. Bukan bermaksud menyinggung, hanya sekedar mengeluarkan uneg-uneg. Syukur-syukur kalo malah bisa jadi bahan pemikiran, kemudian dipertimbangkan. Positifnya, aturan harga BBM naik ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk kita semua, bagaimana meraih taraf hidup yang lebih tinggi supaya bisa memenuhi kebutuhan. Selain itu, kita juga perlu belajar mencintai lingkungan dengan cara hemat BBM. Cinta Indonesia, Cinta Lingkungan, Cinta Diri Sendiri dan Jangan Korupsi :D hehe. (^_^)V


NB : tapi yang tidak mampu yo ojo terus mengandalkan bantuan dari pemeritah terus yooo... Selama masih bisa berdikari, berusahalah! :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Alpha dan Beta

Jika saja

Jingga