MyTrip Palembang ke Semarang Naik Bus

Hello guys,

Aku mau cerita pengalaman aku naik bus umum sendirian nih. Aku sering lihat postingan teman teman yang busmania. Kadang mikir, apa gak capek ya? Daaaan, taraaaa.... Aku sudah merasakan. Nanti aku ceritain deh di akhir, baca sampai abiss yaaa... ^^,)

Beberapa tahun ke belakang, selama pandemi aku lebih milih pulang ke Jepara/Jogja lewat darat, naik mobil pribadi. Tapi, karna my partner lagi gak bisa cuti. Mau gak mau deh, sendiri. Well, aku pilih naik bus karena dari segi harga tentu lebih ekonomis ya gaes.

Nih, aku spill dulu compile fotonya...

Sebenernya ada banyak bus Palembang - Semarang. Tapi kali ini aku pilih ini :

HARAPAN JAYA - EXECUTIVE CLASS
Kapasitas penumpang 30 orang
Rute : Palembang - Surabaya
Berangkat Pukul : 11:30 dari Pool di Palembang.

Berangkat dari Palembang, turun di daerah Jawa Tengah, harganya Rp.575.000 udah include free 2x makan. Ekonomis kaan...

Kalau mau yang lebih murah lagi ada SINAR JAYA Rp.510.000 tapi, kapasitas penumpangnya lebih banyak.
Kalau mau yang lebih nyaman, ada BATU MUKTI PUTRA VVIP CLASS, berangkatnya malam dari Palembang. Lebih nyaman karna kapasitasnya lebih sedikit dan tempat duduknya lebih nyaman. Harganya Rp.715.000

Penumpang harus ready jam 11 siang, tunggu busnya datang di loket bus Palembang. Fasilitas loketnya ada toilet, ada jual makanan, ada colokan listrik, ada tiker juga kalau mau tidur-tiduran sebelum berangkat.

Jam 11:30 busnya datang, LET'S Gooo... Kita berangkaat... Berangkat dari Palembang hanya 4 orang. Aku ambil nomor kursi 4A. Posisinya di sebelah kiri. Pilih kursi sebelah kiri ini biar bisa liat pemandangan, kebun sawit, sawah-sawah, rumah-rumah. Awalnya aku kira bus akan lewat jalur biasa, gak lewat tol. Ternyata busnya lewat tol, yess jadi cepaat. Selama perjalanan Palembang - Lampung, bus keluar masuk tol karena beberapa kali berhenti di loket untuk jemput penumpang dulu. Setelah keluar dari Bandar Lampung, totalnya ada 13 penumpang.

Foto : Loket Harapan Jaya

Makan malam pertama pukul 18:30 di Lampung, dekat dengan Pelabuhan Bakauheni, pas maghrib tuh. Tapi perutku sudah keroncongan. Makannya model prasmanan, bisa pilih pakai telur atau pakai ikan. Aku pilih pakai telur, soalnya ga tau ikan apa aku takut gatel-gatel, maklum yaa punya alergi makan kerang / ikan yang kadang kadang muncul tak terduga. Kalau jalan jauh, mending cari aman.

Akhirnya sampai pelabuhan pukul 19:30. Naik kapalnya yang executive. Kayaknya sih emang khusus bus-bus kapalnya executive ya... Ngantri kapal sekitar 2,5jam, nyebrang 1,5 jam. Selama di kapal aku ga turun dari bus. Sebetulnya boleh turun sih, tapi kalo sendirian nanti aku kayak orang bingung kan, jadi mending aku di bus aja sambil tidur puless... hahaha....

Jam 23:30 sudah sampai Pelabuhan Merak. Haloooo Java Island.... Dari Merak, ada yang naik lagi penumpangnya. Tapi aku gak hitungin tuh ada berapa orang. Kemudian aku tertiduuurr pulaas, bangun-bangun udah ada matahari pagi yang warnanya menakjubkan banget.

Bus jalan lagi, sampai pemberhentian berikutnya tempat makan free kedua di cirebon. Lumayaan kan, pas banget lah sarapan pas perut sudah lapar lagi. Haha. Maap gaes aku laperan emang.

Karena ini pengalaman pertama aku naik bus umum jarak jauh, aku menilai ini nyaman banget. Sopirnya gak kebut-kebutan, ngeremnya juga alus jadi aku bisa tidur pules dan amazingnya bangun pagi juga ga pegel-pegel. Jarak kakinya lumayan luas ga mentok. Tapi kaki aku gantung aja, jadi ga enak. Kayaknya lebih enak klo bawa tas, taroh di bawah kaki supaya kakinya gak gantung.

Di dalem busnya ada colokan HP, jadi gak khawatir kehabisan batre terus bingung mau ngapain. Selama di tol Sumatera, emang sinyalnya naik turun, tapi selama di tol Jawa, sinyalnya lancar jayaaa sampe bisa nonton yutub no ngadat-ngadat. Enak deh pokoknya... Ternyata seenak itu naik bus. Tinggal duduk dan gak lelah. Hehehe....

Aku turun terminal bawen. Sampai terminal bawen pukul 11:30 siang hari. Pass 24 jam total perjalanan. Kalau ditanya lagi, mau naik bus lagi apa enggak, aku mau bangeeeetttt...

Kuy naik bus gaesss... Ternyata enak bangeeet dan gak lelaaah... Sekarang aku
 nulis ini di Kampung Kopi Banaran nunggu jemputan adikku tercintaa sambil nyeruput kopi machiato dan makan pecel... Hmmm nikmaatt....